Minggu, 26 April 2009

Review Buku Pintar Anak Jenius oleh Adam Khoo


Judul: Buku Pintar Anak Jenius Harga: Sekitar Rp60 - 70,000 Saya lupa lagi :P (beli di Tokobuku Togamas Jl. Supratman)
Pengarang: Adam Khoo
ISBN: 979-9566-37-1 Penerbit: PT. Mitra Media

Pandangan saya mengenai Buku Pintar Anak Jenius

Nothing is Imposible if We Know How.


Kata-kata itu yang saya pegang dalam hidup ini. Tidak ada yang tidak mungkin jika kita tahu caranya. Saya agak tertantang dengan pencapaian IPK semester lalu saya yang baru menyentuh angka 3,4 dari target 3,5. Means, ada yang belum tepat dari 'cara' saya belajar. Saya pun berkeliling mencari cara.

Akhirnya saya teringat salah satu sesi Training Financial Revolution-nya Tung Desem Waringin dahulu di Jakarta yang penuh promosi training. Saya teringat seorang trainer mengenai cara belajar efektif menyebutkan Adam Khoo. Seorang anak yang dahulunya murid terparah *punten, biar ekstrim :P * dari SMP terparah di singapura. Orang terdekatnya menyebutnya anak tanpa harapan. Namun ketika Dia merubah cara pandangnya tentang belajar (artinya, paham "The How" dalam belajar) Adam Khoo pun berubah menjadi anak jenius: Dia masuk SMA Top di singapura, lolos ke National University of Singapore (Universitas top di singapura), mendapatkan kehormatan untuk masuk Talent Development Programme (Program untuk pelajar2 'berbakat'), kini memiliki empat bisnis beromset dari $20 Milyar, dan menulis buku best seller mengenai cara yang dia lalui dari anak yang 'parah' menjadi 'jenius'.
So, jenius itu bisa dipelajari.
Dan entah bagaimana caranya, saya bertemu buku karangan Adam Khoo ini di Togamas. :)

Yang Di bahas di Buku Pintar Anak Jenius
Buku ini membahas banyak hal mengenai 'cara' belajar efisien yang revolusioner. Di buku ini saya belajar banyak mengenai:

  1. Pengalaman seseorang yang bertekad kuat merubah dirinya dari orang yang parah menjadi seorang jenius yang sukses.
  2. Fakta-fakta mengagumkan mengenai otak yang membuat saya paham mengapa kita semua SEBENARNYA berbakat untuk menjadi JENIUS.
  3. Strategi belajar super
  4. Membuat catatan yang lebih efisien: Membuat catatan yang mengaktifkan otak kiri dan otak kanan dengan Mind Map. 80% informasi yang ada di buku ajar tidak penting untuk di catat. Taruh kata kunci yang penting saja, singkirkan konjungsi yang tidak terlalu penting.
  5. Cara Membaca yang efisien: Baca dengan kecepatan optimal!
  6. Cara mengingat super: Ingat fakta-fakta, angka dan kata-kata dengan teknik visualisasi.
  7. Bagaimana mengendalikan diri anda: Membuang jauh rasa malas, memotivasi diri, berkuasa atas diri, membuat target dan tujuan hidup. Oya, bagian menariknya, di buku ini semuanya dipandu untuk action berdasarkan pengalaman Adam Khoo :D
  8. Strategi ujian: Bagaimana mempersiapkan ujian, bagaimana menangani soal essay, bagaimana menangani soal pilihan berganda, Rumus mendapatkan nilai A, Bagaimana membuat strategi belajar yang efisien.

Anyway, semua teori yang dicantumkan di Buku Pintar Anak Jenius ini sangat praktis. Artinya di desain untuk dibaca dan dipraktekkan, bukan sekedar dibaca saja :)


Buku Pintar Anak Jenius Cocok Untuk:


  • Pelajar SMP dan SMA yang ingin lulus UN dengan nilai 90 keatas.
  • Pelajar Yang ingin masuk Sekolah/Perguruan Tinggi Favoritnya
  • Pelajar yang benar-benar ingin mencapai hasil maksimum dalam pembelajarannya
  • Mahasiswa yang BENAR-BENAR ingin IPK diatas 3,5
  • Orang Tua yang ingin tahu cara belajar yang efisien untuk anaknya
  • Semua orang yang ingin belajar dengan lebih efisien!

Bagian favorit saya di Buku Pintar Anak Jenius:


Murid Super dan Murid Lamban - Otak sama, strategi beda
-Hal 7-

Belajar dimulai bukan pada satu atau tiga bulan sebelum ujian, melainkan pada hari pertama sekolah!
-Hal 9-

Murid-murid bernilai 'A' bisa karena mereka yakin mereka bisa
-Hal 21-

Jika anda payah dalam melakukan sesuatu, lakukan lebih banyak
-Hal 39-

Murid bernilai A juga bingung, mereka hanya memberi respon berbeda
-Hal 40-

Secara umum, dalam banyak buku teks, hanya 20% kata-kata yang mengandung informasi yang anda perlukan untuk mendapatkan semua pengetahuan dan nilai A.
-Hal 48-

Anda melupakan 80% dengan 24 jam
-Hal 142-

Kesuksesan bukan terjadi secara kebetulan, melainkan dengan perencanaan
-Hal 158-

Tidak ada murid malas, hanya ada orang yang tidak punya tujuan jelas
-Hal 164-

Tempatkan diri sendiri dalam keadaan berkuasa
-Hal 238-

Sebenarnya banyak sekali bagian-bagian favorit saya di buku ini. Namun karena keterbatasan tempat, hanya demikian saja yang saya tampilkan. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca Buku Pintar Anak Jenius Langsung :D

Kesimpulan:


Jika anda mencari buku tentang "Cara belajar yang jauh lebih efisien dan efektif, entah untuk sekolah, kuliah, untuk anda sendiri atau untuk anak anda, buku ini patut anda baca.

3 komentar: